Saturday, February 23, 2013

Kalimat Argumentasi



Pengaruh Tradisi Mudik terhadap Masyarakat

Kepadatan pada saat musim lebaran merupakan salah satu hal tradisi yang sering terjadi setiap tahunnya, bahkan selalu mengalami kenaikan yang sangat pesat. Kenaikan tersebut sangat berpengaruh terhadap kondisi jalan yang akan dilalui pada saat bermudik. Kebanyakan diantara mereka menggunakan transportasi  darat dan laut karena biaya murah dan terjangkau dibandingkan transportasi udara yang membutuhkan biaya yang tidak murah. Tetapi disatu sisi lain transportasi yang dipakai masyarakat yang menggunakan jalur darat membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ketempat tujuan dibandingkan jalur udara maupun laut. Karena macet adalah salah satu dampak yang sering terjadidan tidak dapat dihindari oleh para pemudik.


            Mudik dapat berdampak positif bagi para pemudik. Salah satu tradisi dimana para pemudik dapat berkumpul dengan sanak saudara ataupun keluarga yang berada di kampung halaman sebelum datangnya Idul Fitri. Tujuan utama mudik ke kampung halaman untuk bersilahturahmi dan merayakan hari lebaran dikampung halaman. Walau macet mengganggu jalannya mudik tetapi semua akan berlalu ketika samapai ketempat tujuan dan bertemu keluarga yang berada dikampung halaman.

           Diantara dampak positif dari mudik, dampak yang sering banyak terjadi karena kelalaian. Banyak diantara pemudik yang lalai sebelum meninggalkan rumah saat bermudik. Kebakaran dan kemalingan merupakan salah satu contoh yang sering terjadi. Angka dari tindak kejahatan semakin meningkat. Selain itu boros tidak dapat dihindari, karena biaya untuk bermudik cukup menguras kantong. Sebelum bermudik juga banyak yang lalai memperhatikan kendaraan karena banyak yang lalai akan bisa menyebabkan kecelakaan.

            Jadi, jelaslah bahwa tradisi mudik berpengaruh positif dan negatif terhadap masyarakat.

No comments:

Post a Comment