Thursday, May 4, 2017

Lagu Ed Sheeran Dituduh Melanggar HAK CIPTA

TUDAHAN HAK CIPTA LAGU-LAGU
EDWARD CHRISTOPHER SHEEREN


Apakah kalian ingat dengan iklan google yang menceritakan dua perempuan yang berada di dalam taxi. Pada saat itu supir taxi memutar lagu thingking out loud. Mereka berdua berdebat karena lirik yang mereka berdua nyanyikan. Tetapi supir taxi dengan cepat memberitahu lirik yang benar, karena heran mereka berdua bertanya kenapa supir taxi itu bisa mengetahuinya. Kemudian supir taxi membuka “OK GOOGLE” dan langsung berbicara lirik lagu thingking out loud. Berikut adalah cuplikan iklan OK GOOGLE lirik lagu thingking out loud.





Gambar terkaitEdward christopher sheeran atau biasa disebut Ed Sheeran lahir di Halifax, Inggris pada tanggal 17 Februari 1991. Edward christopher sheeran  adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Inggris. Edward christopher sheeran gemar bermain gitar sangat awal, dan mulai menulis lagu selama bersekolah di SMA Mills Thomas di Framlingham. Sheeran pertama kalinya masuk ke dalam pasar musik pada Juni 2011, ketika singel debut "The A Team" meraih peringkat nomor 3 di tangga lagu Inggris.Pada Januari 2017, Sheeran untuk pertama kalinya berhasil menduduki posisi pertama di tangga lagu Billboard Hot 100 dengan single Shape of You.
Edward christopher sheeran merupakan pemenang penghargaan Grammy, Sheeran, berada di daftar penyanyi terlaris di Inggris sejak dua tahun lalu semenjak meledaknya lagu Thinking Out Loud yang telah ditonton lebih dari satu miliar kali di YouTube. Dia bahkan dipercayakan untuk menulis lagu bagi artis papan atas lainnya, seperti One Direction, Taylor Swift, dan Justin Bieber.
Namun pada Selasa, 9 Agustus 2016 Edward christopher sheeran digugat atas pelanggaran hak cipta sebuah lagu. Musisi Harrington dan Thomas Leonard menuntut Sheeran membayar 20 juta Dollar, atau setara dengan Rp265 Miliar karena dianggap telah meniru karya mereka. Harryton dan Leonard bersama HaloSongs perusahaan lagu mereka menuduh bahwa lagu Photograph mirip lagu yang ditulis 2009 silam. Lagu itu juga pernah direkam dan dirilis sebagai single oleh, Matt Cardie, pemenang X Factor 2010 lalu yaitu berjudul Amazing. Berikut ini adalah video lagu Photograph dan Amazing.


Photograph - Edward Christopher Sheeran 

Amazing - Matt Cardie

Selain itu edward christopher sheeran juga dituduh menyalin 'heart' dari Let's (Get It On) dan mengulangnya terus menerus pada Thinking (Out Loud). Komposisi melodi, harmoni, dan ritme dari Thinking (Out Loud) bukanlah produk kreativitas sendiri," tulis gugatan yang masuk di pengadilan New York. 

 Thinking Out Loud - Edward Christopher Sheeran 


Lets get it on - Marvin Gaye 


     
 Hingga saat ini belum diketahui tuntutan yang diminta pihak pelapor atas kedua kasus ini.


SUMBER
http://www.jurnas.com/artikel/14629/Ed-Sheeran-Digugat-Pelanggaran-Hak-Cipta-Lagu/
https://dunia.tempo.co/read/news/2016/08/10/115794899/dituduh-langgar-hak-cipta-ed-sheeran-digugat-ke-pengadilan
http://www.viva.co.id/prancis2016/read/807344-lagi--ed-sheeran-dituduh-plagiat-thinking-out-loud

https://id.wikipedia.org/wiki/Ed_Sheeran

No comments:

Post a Comment