Wednesday, November 27, 2013

Kenalilah Diri Sendiri



KENALILAH DIRI SENDIRI


         Perlu diketahui, tanpa kita mengetahui jati diri sendiri, kita akan kebingungan untuk mengetahui “Who am i” artinya “siapa saya”. Sebagian orang beranggapan bahwa:
1. Inilah jati diri saya, saya mempunyai kunggulan dan lain-lain
2. Apa sih pentingnya mengetahui jati diri? kita sudah punya jati diri, kenapa harus   
    dicari?


        Tapi apakah semua itu bisa dijadikan pedoman kita untuk mengetahui jati diri kita? Belum tentu pastinya... Pendapat itu adalah salah besar, dimana seseorang belum bisa menempatkan jati dirinya dalam kondisi yang memungkinkan. Perlunya menempatkan jati diri untuk dapat mengendalikan di masa yang akan datang. 
         



          Menuruh beberapa sumber yang saya dapat, ada tahapan untuk mengetahui “Who am I” artinya “siapa saya” yaitu:



1.     Kenali Diri Sendiri


a.    Apa yang membuat anda bahagia

b.    Apa yang anda inginkan di hidup ini

c.    Apa kelebihan dan kekuatan anda

d.    Apa kelemahan dan kekurangan anda


2.    Tentukan tujuan hidup


3.    Kenali motivasi hidup


4.    Hilangkan negatif thingking


5.    Jangan mengadili/ menghakimi diri sendiri



    Perlu kita ketahui juga jati diri tanpa visi dan misi hidup takkan mendatangkan perubahan yang besar. Ada beberapa hal yang mencangkup visi dan misi seseorang, yaitu:

1.    Spiritual           
2. Identitas                    
3. Nilai-nilai kewajiban    
4. Tujuan    

5. Tetapkan cita-cita        
6. Perilaku    
7. Small action, big think  
8. Lingkungan          
9. Tetapkan standar hidup         
10. “WUJUDKAN”


No comments:

Post a Comment